PUPR Gandeng Jepang, JICA Akan Awasi Kualitas Seluruh Bangunan di Pembangunan IKN Kalimantan Timur

Kementerian PUPR menggandeng JICA atau Japan International Coorperation Agency menjadi konsultan pembangunan ibukota negara Nusantara Kalimantan Timur.

Menurut Kementerian PUPR, saat ini pihaknya belum memiliki pengalaman terkait dengan pembangunan usatu kota sehingga kerjasama dengan JICA adalah untuk memastikan kualitas bangunan yang akan dibangun di IKN.

JICA selaku pengawas akan menjadi konsultan sekaligus mengawasi/mengkontrol setiap pembangunan di IKN.

“JICA bergabung dengan kita. JICA ini nantinya akan menjadi konsultan mengawasi, pengawas untuk seluruh bangunan dan juga untuk kontrol” ucap Dirjen Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

JICA sendiri telah menyampaikan hasil audit terkait dengan tantangan membangun IKN dan setidaknya ada 4 poin penting dalam proyek ini.

Pertama, harus adanya intergrasi berdasarkan kondisi dimana semua desain dan pembangunan harus sesuai dengan topografi dan geologi saat ini.

Kedua, perlu adanya koordinasi bawah tanah untuk pengamanan luasan ruang bebas (ROW) terutama lubang got atau pun saluran pompa/pembuangan.

Ketiga, perlu adanya jaminan aksesibitilas perluasan di masa yang akan datang. Salah satunya adalah lahan untuk  layanan transportasi umum seperti lampu jalan dan CCTV.

Keempat, jaminan mutu konstruksi dari setiap bangunan.

Kementerian PUPR berharap kerjasama dengan JICA akan menghasilkan mutu dan kualitas yang baik terhadap pembangunan di IKN.

Source :