Rayakan Hari Lansia, Populasi di Atas 100 Tahun Jepang Capai 86.510 Jiwa

Sudah sejak lama bahwa Jepang dikenal dengan negara populasi lansia paling banyak di dunia mengalahkan Italia.

Populasi lansia atau orang yang berusia diatas 65 tahun di Jepang ada sekita 36 juta jiwa.

Hari lansia yang tahun ini akan diperingati pada 20 September mendatang, sensus penduduk lansia hingga 14 September yang menginjak usia di atas 100 tahun di Jepang telah mencapai 86.510 jiwa.

Dari 86.510 jiwa diketahui bahwa populasi didominasi oleh kaum perempuan dengan persentase 88% atau sebanyak 76.450 jiwa dan sisanya diisi oleh kaum pria.

HIngga saat ini, rekor lansia dengan umur tertua masih dipegang oleh Kane Tanaka yang tinggal di Prefektur Fukuoka berusia 118 tahun sedangkan untuk pria dipegang oleh Mikizou Maeda yang bertempat tinggal di Prefektur Nara dengan usia 111 tahun.

Menurut Kementerian Kesehatan dan Tenaga Kerja Jepang, angka pria yang menginjak 100 tahu meningkat 585 dari taun sebelumnya sedangkan wanita bertambah 5475 dari tahun sebelumnya.

Data tersebut juga menjadikan rekor jumlah lansia di atas 100 tahun tertinggi di negara tersebut.

Meningkatnya jumlah lansia dan berkurangnya angka produktif membuat Jepang membuka lapangan kerja untuk perawat lansia.

Sejak beberapa tahun terkahir, pemerintah Jepang telah membuka kesempatan bagi mereka dan memberikan visa khusus bagi pekerja asing untuk bekerja menjadi perawat dengan pelatihan terlebih dahulu. Program ini berhasil menarik tenaga kerja perawat yang berasal dari Vietnam, Filipina Thailand dan juga tak terkecuali dari Indonesia.

Source : hokkoku.jp