Resepsi HUT ke-76 TNI di Tokyo, Dubes Heri Pertegas Kokohnya Hubungan RI – Jepang

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Wisma Duta KBRI Tokyo pada Selasa (2/11). Hadir sebagai tamu kehormatan Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan, Kementerian Pertahanan Jepang Masuda Kazuo.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dan Ibu Nuning Akhmadi didampingi Atase Pertahanan Tokyo Kolonel Penerbang E. Wisoko Aribowo dan Ibu Memes Wisoko menyambut langsung 83 tamu undangan yang terdiri dari Atase Pertahanan dari berbagai negara dan Pejabat Kementerian Pertahanan Jepang.

“TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. TNI selalu menjadi bagian integral dari sejarah Indonesia. Selain itu Indonesia tetap menjaga komitmen terhadap perdamaian dan stabilitas dunia. Perlu diketahui, Indonesia  menduduki peringkat ke-8 dari 119 negara yang berkontribusi dalam misi penjaga perdamaian PBB,” tegas Dubes Heri dalam sambutan pembuka.

Seputar hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, Dubes Heri Akhmadi menjelaskan, tahun 2021 menandai HUT ke-63 Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang sekaligus hari jadi ke-15 Kemitraan Strategis Komprehensif antara Indonesia dan Jepang. 

“Dalam konteks kerja sama bilateral, pada Maret lalu, kedua negara menegaskan kembali kerja sama pertahanan bilateral melalui Pertemuan 2+2 Indonesia dan Jepang yang diadakan di Tokyo. Kerja sama pertahanan ini tentunya saling menguntungkan bagi kedua negara,” tambah Dubes Heri.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kebijakan Pertahanan, Kementerian Pertahanan Jepang Masuda Kazuo mengatakan, dalam 63 tahun hubungan bilateral kedua negara, Jepang mengharapkan kemitraan strategis dengan Indonesia yang lebih kuat dan saling menguntungkan. “Indonesia merupakan mitra Jepang dalam level strategis di ASEAN maupun di lingkup yang lebih luas. Hal ini memungkinkan kedua negara untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang terbuka dan bebas. Freedom of navigation and trade di kawasan, dan penegakan hukum internasional,” ujar Masuda Kazuo.

Para tamu Resepsi Peringatan HUT ke-76 TNI antusias menyaksikan penampilan Tari Rindik Bali dari Sanggar Tari Bali Pusaka, sembari menikmati hidangan khas Indonesia seperti Sate Ayam, Selat Solo, Sup Kimlo dan Sekoteng.

Source : kemlu