Resmi Diperpanjang, MOU Kerjasama ITB dengan Mitsubishi di Bidang Teknik Industri dan Akademik Berlaku 5 Tahun ke Depan

Sejak  7 Februari 2022 kemarin, Mou kesepakatan kerjasama antara Institut Teknologi Bandung dengan Mitsubishi Heavy Industries telah resmi diperpanjang secara virtual dan akan berlaku selama 5 tahun ke depan.

Pada sebelumnya, kerjasama antara ITB dan Mitusbishi telah terjalin dan ditandatangani sejak 2020 tentang kerjasama pengembangan transisi energi dan teknologi dekarbonisasi.

Kerjasama ini juga merupakan penerapan dari pengembangan dan penerapan teknologi pembakaran biomas dan amonia yang diharapkan dapat menjadi sumber energi pembangkit listrik terbarukan  yang ramah lingkungan di masa depan.

Tak hanya melibatkan ITB, kerjasama ini juga melibatkan PLN yang adalah perusahaan BUMN yang menyediakan layanan listrik kepada masyarakat secara langsung.

Nantinya, lewat kerjasama ini diharapkan akan berdampak pada Indonesia dapat segera beralih mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak ramah seperti pembangkit listrik tenaga uap yang berasal dari batubara.

Proyek kerjasama ini juga merupakan sebuah kerangka dukungan kontribusi Jepang terhadap Indonesia dalam bidang teknologi masa depan sehingga bisa menjadi pengembangan proyek percontohan.