Resmi Selesai, Penyelenggaraan Tokyo Olimpiade Berakhir Tanpa Insiden Besar

Kepala Panitia Penyelenggara Tokyo Olimpiade Seiko Hashimoto memberikan sambutan terakhir pada upacara penutupan Tokyo Olimpiade Minggu (8/8/21) malam kemarin.

Dalam pidatonya, Seiko mengatakan bahwa seluruh pertandingan berhasil diselenggarakan dengan optimal tanpa adanya insiden besar hingga akhir meskipun penyelenggaraan di tengah pandemi corona.

Seiko juga menyebut bahwa prioritas utama adalah memastikan dengan cara yang aman dan terjamin dengan menerapkan langkah protokol kesehatan untuk seluruh orang yang terlibat dalam Olimpiade.

Setelah ini, Jepang akan melanjutkan dengan pertandingan Paralimpiade dan dipastikan akan menerapkan sejumlah protokol yang ketat seperti Olimpiade.

Meski sangat disayangkan karena tidak diperbolehkan adanya penonton namun dukungan publik membuat panitia dan pemerintah sekuat tenaga melanjutkan pertandingan sambil mengekang penyebaran virus corona.

Pemerintah sendiri sebenarnya telah menerima kritikan tajam terkait dengan penyelenggaraan Olimpiade di tengah pandemi yang dapat memicu bangkitnya angka penyebaran virus. Namun pemerintah dan panitia terus meyakinkan publik dengan langkah penerapan protokol yang ketat.

Source : mainichi