Robot Baru Pembuat Mie Soba Di Restoran Stasiun Kereta Jepang Bisa Memasak Hingga 150 Porsi Per Jam

Sebuah robot berlengan dua sedang membantu menyiapkan mi soba di sebuah restoran di Stasiun JR Kaihimmakuhari di Distrik Mihama, dengan cakapnya merebus mi dalam saringan, membilasnya dan kemudian mencelupkannya ke dalam air es.

Restoran Sobaichi Perie Kaihimmakuhari menerapkan sistem memasak kolaboratif, dengan robot memasak makanan dan karyawan menambahkan saus celup atau sup dan topping. Ini rupanya pertama kalinya robot memasak diperkenalkan di lingkungan restoran yang sebenarnya.

Stand Soba di stasiun kereta api biasanya harus berurusan dengan arus pelanggan yang konstan dan bekerja di bawah tekanan waktu, yang mengakibatkan kekurangan sumber daya manusia yang kronis. Untuk mengatasi masalah ini, JR East Start Up Co. yang berinvestasi dan bekerja sama dengan perusahaan startup, dan Connected Robotics Inc., yang mengembangkan robot memasak untuk bisnis restoran, mulai mengembangkan sistem pada musim gugur 2019. Mereka mendapatkan kerja sama dari JR East Foods Co., yang mengoperasikan gerai soba di stasiun kereta api, dan melakukan percobaan demonstrasi di salah satu restoran di Tokyo pada tahun 2020.

Robot tersebut dapat memasak 150 porsi dalam satu jam, menggantikan pekerjaan sekitar satu karyawan.

Connected Robotics berkomentar, “Tidak hanya dapat mengatasi kekurangan sumber daya manusia, ia juga dapat memasak tanpa kontak manusia dan karena itu berguna dalam mengurangi risiko infeksi virus corona.” JR East Foods, sementara itu, menjelaskan, “Kami bertujuan untuk menerapkannya (robot) di 30 toko pada akhir tahun fiskal 2025.”

Sc: Mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here