Robot Menjadi Solusi Peran Tenaga Kerja di Jepang Ketika Pandemi untuk Mengurangi Penularan Virus

Perusahaan robotik asal Jepang Mira robotic yang tengah mengembangkan robot untuk memperkuat fungsi tenaga kerja Jepang yang semkin menipis, kini dengan adanya pandemi seperti sekarang menjadikan peluang baru bagi perusahaan robotik tersebut untuk menawarkan robot kerja yang dapat menggantikan peran tenaga kerja untuk mengurangi penularan virus.

“Dengan robot seperti ini kita tidak perlu takut tertular virus dari kontak langsung dengan manusia” ucap Ken Matsui CEO Mira Robotic

Robot ini juga bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan remote control dan juga fitur di tangan robot yang menggunakan ultraviolet diklaim dapat membunuh virus. Robot ini juga bisa menyesuaikan tinggi si robot dan bisa berjalan dengan sepasang roda di kakinya.

Penurunan populasi di Jepang tentu juga berdampak pada tenaga kerja yang akan terus berkurang di Jepang. Hal ini memicu pemerintah untuk mengambil tenaga asing dan juga pengembangan robotik untuk menggantikan peran tenaga kerja yang kian berkurang.

Saat ini dengan adanya pandemi corona mengharuskan beberapa karyawan bekerja dari rumah, robot ini bisa membantu untuk merawat kantor ketika karyawan harus tetap dirumah.

Mira robotic mengatakan hanya perlu waktu sekitar 30 menit saja untuk bisa mengerti mengoperasikan cara kerja robot. Mira robotic membuat model robot ini semudah mungkin di kontrol oleh manusia dan setiap operator dapat mengendalikan 4 mesin robot sekaligus.

Mereka menawarkan robot ini dengan biaya sewa sebesar US$1000 (Sekitar Rp Rp 14.000.000) per bulan. Robot ini bisa difungsikan untuk penjaaga keamanan, melakukan inspeksi, membersihkan toilet serta fungsi-fungsi pekerjaan lainnya.

Source : WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here