“Sail” Aplikasi Ngobrol dengan Orang Jepang Kini Populer Berlatih Bahasa di Tengah Pandemi

Sebuah aplikasi online yang memungkinkan pengguna bercakap dengan orang Jepang bernama “Sail” kini menjadi populer sebagai sarana untuk berlatih bahasa terutama di kalangan lansia sebagai kesempatan intuk berinteraksi dengan orang lain di masa pandemi.

Aplikasi yang populer di kalangan lansia ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah karena memberikan kesempatan kepada kaum lansia agar bisa berinteraksi sosial akibat adanya pandemi yang membuat banyak lansia kurang interkasi dengan orang lain.

Mikae Inoue, wanita berusia 75 tahun juga aktif menggunakan aplikasi tersebut di waktu luangnya. Ia merupakan sukarelawan pada Tokyo Olimpiade lalu namun hingga kini pekerjaannya  menjadi tidak tetap akibat banyak pertandingan olahraga yang digelar tanpa penonton.

Menurutnya, aplikasi ini sangat membantunya untuk bertukar informasi secara internasional karena mudah digunakan dan menyenangkan.

Aplikasi ini sebenarnya telah diluncurkan 3 tahun lalu yang dikembangkan oleh perusahaan startuo bernama Helte Co. Aplikasi ini dimaksudkan sebagai alat pertukaran budaya  yang menghubungkan orang asing untuk belajar bahasa Jepang dengan orang Jepang.

Perusahaan juga telah bekerja sama dengan pemerintah kota Fujisawa dengan mengundang warga untuk hadir dalam sosialisasi pengenalan aplikasi hingga mendatangkan 150 orang yang didominasi orang tua.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu mendaftar dan mengisikan apa minat kita agar bisa membuka topik yang menyenangkan dengan partner bicara.

Bagi orang Jepang, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Namun bagi kita orang asing akan dikenakan biaya bulanan yang berbeda bergantung dari mana negara kita.

Umumnya biaya langganan aplikasi ini adalah sebesar 500-1500 Yen.

Menurut perusahaan, aplikasi tersebut kini telah berhasil mendatangkan pengguna lebih dari 16.000 user dari 128 negara di dunia.

Aplikasi ini dapat membantu bagi siapa saja yang ingin berlatih dan bertukar informasi secara langsung dengan orang Jepang.

Source : mainichi