Salip Jepang, Indonesia Raih Peringkat 10 Negara Paling Dermawan di Dunia

Data tahunan World Giving Index menunjukan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 10 sebagai negara paling dermanawan di dunia kalahkan Jepang yang menduduki peringkat 107.

Laporan dari Charities Aid Foundation merupakan hasil dari survey dari 125 negara dimana responden diambil dari 1,3 juta orang yang dianalisis berdasarkan 10 tahun terakhir.

Tren dermawan yang dilihat berdasarkan masa krisis ekonomi, pemulihan, sampai ketidakstabilan geopolitik dalam negara tersebut.

3 negara paling dermawan diduduki oleh Amerika Serikat di peringkat 1, Myanmar di peringkat ke 2 dan Selandia Baru di peringkat ke 3.

Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar dan menurut hasil survey, kegiatan amal terbesar masyarakat Indonesia sebanyak 42% mengaku membantu orang asing, 69% mengaku menyumbangkan uang ke lembaga amal dan 40% mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

Jepang sendiri masuk dalam deretan negara terbawah sebagai negara dermawan lainnya seperti Rusia di peringkat 117, Hungaria di peringkat 109, Republik Ceko di peringkat 111 dan berbagai negara lainnya.

Source : worldpopulationreview