Sebanyak 30% Wilayah di Jepang Menyepakati Sistem Kemitraan Pasangan Sesama Jenis

Dilansir dari Kyodo, sebanyak 30% atau 146 pemerintah daerah di Jepang telah memperkenalkan atau menyederhanakan prosedur sistem permohonan kemitraan sesama jenis sejak 1 Januari lalu.

Langkah ini merupakan tanggapan atas tuaian kritik bahwa pasangan LGBT di Jepang diharuskan  mengajukan permohonan kembali jika mereka pindah domisili sehingga menyebabkan tekanan emosional.

Kerja sama lintas kota ini telah dipercepatusai kota Fukuoka dan Kumamoto telah menandatangani sistem tersebut sejak  Oktober 2019.

Meski bagaimanapun juga, sistem kemitraan ini tidak diakui di luar yuridksi mereka dan tidak ada yang mengikat secara hukum sehingga entitas setiap pasangan sesama jenis seperti rumah sakit, agen perumahan akan dikembalikan kepada mereka diterima atau tidak.

Selain itu, dengan sistem ini beberapa prosedur dipermudah bagi pasanan LGBT karena mereka tidak perlu lagi memberikan dokumen yang membuktikan mereka tidak menikah dengan orang lain.

Meski begitu beberapa pemerintah daerah akan menghadapi kendala dalam membuat kesepakatan karena setiap wilayah memiliki perbedaan ruang lingkup dan kondisi sistemnya masing-masing.

Source : KN