Gunung Berapi Di Pulau Suwanose Meletus, JMA Naikan Status Waspada

Sebuah gunung berapi di pulau Jepang barat daya meletus Selasa malam (30/03/2021), melemparkan batu besar dengan radius hampir 1 kilometer dari kawah, mendorong badan cuaca untuk menaikkan tingkat kewaspadaannya.

Letusan terjadi di kawah Gunung. Otake di Pulau Suwanose di Prefektur Kagoshima pada pukul 10:05 Tidak ada laporan korban luka, menurut pihak berwenang setempat.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan Rabu pagi bahwa mereka telah menaikkan tingkat peringatan aktivitas vulkanik satu tingkat menjadi 3 pada skala 5, yang berarti bahwa orang tidak boleh mendekati kawah.

Menyusul letusan pada Selasa malam, gunung tersebut kembali meletus pada pukul 02:57 Rabu pagi, dengan bebatuan besar yang diproyeksikan terlempar hampir 1 km dari kawah seperti sebelumnya.

Badan tersebut memperingatkan potensi batu besar yang akan terlempar ke udara dalam radius sekitar 2 km dari kawah.

Akhir tahun lalu di tengah meningkatnya aktivitas vulkanik, badan tersebut menaikkan tingkat kewaspadaan menjadi 3 pada 28 Desember 2020. Kemudian diturunkan ke level 2 pada 14 Januari 2021 karena tidak adanya perubahan besar dalam data aktivitas vulkanik.

Pulau Suwanose adalah sebuah pulau vulkanik dengan populasi kecil, yang terletak sekitar 230 km selatan-barat daya Kagoshima.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here