Sebulan Sebelum Olimpiade, Jepang Akan Akhiri Status Darurat Hari Minggu Ini

Pemerintah Jepang akan segera mengakhiri status darurat yang kini diberlakukan di sejumlah wilayah seperti Tokyo, Hokkaido, Osaka dan beberapa prefektur lain.

Rencananya, kabar pencabutan status darurat dan wilayah yang akan mendapat prioritas akan dicabut akan diumumkan oleh PM Suga Kamis malam ini.

Langkah ini diambil pemerintah usai melihat tren penyebaran infeksi yang menurun diiringi dengan kapasitas vaksinasi yang meningkat.

Hanya tinggal 1 bulan lagi, Jepang akan segera menggelar olahraga dunia Olimpade dan Paralimpiade. Olimpiade akan dimulai pada 23 Juli sementara Paralimpiade 8 Agustus.

Sejak bulan Mei lalu, kasus corona di Jepang kian tak terbendung menyebabkan pemerintah harus mengambil tindakan status darurat di wilayah dengan kasus corona yang tinggi.

Hal tersebut juga menimbulkan keraguan pada publik karena pemerintah dan panitia Olimpiade tetap bersihkukuh akan tetap menyelenggarakan Olimpiade tahun ini.

Di bawah aturan status darurat, banyak jam operasional toko dan bar serta tempat publik lain dibatasi demi mencegah penularan virus.

“Meskipun benar bahwa tren infeksi kini cenderung menurun secara nasional. Kami akan terus bergerak maju dengan gencarkan vaksinasi dan langkah pencegahan penyebaran infeksi” ucap PM Suga.

Source : KN