Sejak Taliban Berkuasa, Jepang Berhasil Tampung Pengungsi WN Afghanistan Hingga Hampir 400 Orang

Sejak 15 Agustus negara Afghanistan dikuasai kelompok Taliban, Jepang yang bekerja sama dengan Qatar telah mengevakuasi warga hingga 395 WN Afghanistan telah tiba di Jepang.

Pemerintah Jepang berhasil mengevakuasi pengungsi dari berbagai staf lokal kedutaan Jepang di Kabul termasuk badan kerjasama Internasional Jepang dan seluruh anggota keluarga mereka yang ingin meninggalkan negara tersebut, terhitung 395 telah tiba di Jepang.

Berkat kerjasama dengan pemerintah Qatar karena negara tersebut memiliki hubungan cukup dengan Taliban, Jepang berhasil membawa WN Afghanistan tersebut melalui jalur udara.

Menurut staf kementerian luar negeri Jepang Yoshimasa Hayashi, adalah sangat wajar memberikan dukungan maksimal kepada seluruh staf yang telah bekerja dengan Jepang.

Kemenlu juga menyebut akan melakukan apa pun untuk mendukung upaya evakuasi ini.

Meningkatnya ketegangan di Afghanistan sejak Agustus lalu, dari total 500 staf keduataan Jepang dan JICA di Afghanistan beserta keluarga masih belum bisa keluar dari sana.

Kerjasama antara Jepang dan Qatar berhasil membawa pengungsi staf kedutaan Jepang di Afghanistan hingga 80% dan kini telah berada di Jepang.

Banyak dari pengungsi yang mengharapkan dapat bekerja lagi di Afghanistan namun pemerintah Jepang masih belum yakin apakah dapat melanjutkan operasi kedutaan untuk saat ini.  

Source : JT