Seluruh Atlet Olimpiade Diharapkan Dapat Menerima Vaksinasi Hingga Akhir Juni 2021

Pemerintah Jepang dikabarkan akan menyelesaikan proses vaksinasi bagi seluruh atlet Jepang yang akan bertanding di Tokyo Olimpiade nanti pada akhir Juni mendatang.

Pemerintah berjanji akan terus berkoordinasi dengan IOC soal vaksinasi tersebut. Vaksin yang digunakan para atlet nantinya adalah vaksin yang sama diberikan pada masyarakat Jepang yakni besutan Pfizer.

Tokyo Olimpiade yang hanya tinggal kurang dari 3 bulan membuat pemerintah Jepang semakin terdesak karena kini angka penambahan kasus virus corona yang melonjak membuat pemerintah mengharuskan memberlakukan kembali status darurat demi membendung penyebaran virus.

Pemerinrtah Jepang juga terus mendapat kritik yang dinilai terlalu memaksakan penyelenggaraan Tokyo Olimpiade ditengah melonjaknya virus corona.

Dalam sebuah konferensi pers dengan IOC, mengatakan bahwa Olimpiade akan dibuka sesuai dengan rencana yakni pada 23 Juli.

Beberapa waktu lalu, sebuah petisi online telah ditandatangani oleh 300.000 masyarakat Jepang menginginkan bahwa Tokyo Olimpiade harus dibatalkan karena terlalu berisiko.

Pada pekan lalu, IOC telah menghubugi pihak farmasi Pfizer dan BioNTech untuk menyumbangkan dosis vaksin dan distribusi vaksin diharapkan dapat dimulai akhir Mei dan bisa memulai proses vaksinasi 2-3 minggu sebelum penyelenggaraan olimpiade.

Para Atlet terkhusus yang akan mewakili Jepang di Tokyo Olimpiade nanti diharapkan semuanya dapat menerima vaksinasi hingga akhir Juni nanti dan peserta Paralimpiade diharapkan dapat menerima vaksinasi antara bulan Juni hingga Juli 2021.

Source : KN