Semakin Membaik, Jepang Akan Perlonggar Pembatasan Aktivitas Acara Publik dan Bioskop

Pemerintah Jepang pada hari Sabtu kemarin telah resmi memperlonggar aktivitas publik termasuk pembatasan penonton pertandingan olahraga, penonton bioskop dan acara publik lainnya.

Hal ini dilakukan pemerintah atas menurunnya kasus corona dalam beberapa waktu terakhir dan upaya dalam membangkitkan kembali sosial ekonomi akibat pandemi virus corona.

Sebelumnya, pemerintah Jepang telah memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung/penonton dalam sebuah acara hingga maksimal 50% dari kapasitas tempat penyelenggaraan acara. Hal tersebut dilakukan demi pencegahan terhadap penyebaran virus corona.

Pemerintah Tokyo juga telah mencabut pembatasan ekstra untuk tempat hiburan malam seperti bar, karaoke dan beberapa bisnis lain yang diharuskan tutup sebelum jam 10 malam.

Sebuah perusahaan penyedia layanan bioskop yang memiliki 20 cabang di seluruh Jepang kini mulai membuka secara penuh dan mengizinkan seluruh kursi untuk dipesan.

Namun ada beberapa perusahaan bioskop lain seperti Toho Cinema dan Aeon Cinema yang masih tetap membatasi pengunjung hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kasus corona di Jepang alami penurunan dengan angka rata-rata perhari mencapai 500 kasus dalam 3 minggu terakhir.

Sebelumnya pada akhir Juli dan awal Agustus Jepang sempat alami lonjakan pasien virus corona yang signifikan hingga mencapai lebih dari 1000 kasus perhari.

Hingga kini kasus corona di Jepang telah mencapai 78.073 kasus dengan total pasien yang sembuh mencapai 70.495 orang. Pemerintah terus berupaya dalam kembali membangkitkan sosial dan ekonomi secara bertahap dengan kembali membuka tempat-tempat umum agar aktivitas masyarakat dapat kembali pulih.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here