Semakin Ramah Lingkungan, Jepang akan Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik dari Daur Ulang Logam Langka

Kementerian Perindustrian Jepang kini berusaha agar bahan baku pembuatan kendaraan listrik terutama logam langka dengan cara didaur ulang. Menteri Perindustrian mengatakan bahwa mereka akan berencana membuat satu tempat pusat yang mendaur ulang bahan-bahan tersebut.

Logam langka seperti Kobalt dan Lithium adalah salah satu bahan utama yang digunakan sebagai baterai dalam kendaraan listrik.

Rencana ini juga dimaksudkan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pasokan logam langka yang 60% diimpor dari China.

Selain itu, langkah ini juga dirasa efektif untuk menghasilkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan ditengah persaingan global tentang dekarbonisasi yang terus mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

Pemerintah yakin ditengah persaingan pembuatan kendaraan listrik, permintaan bahan baku logam langka ini akan terus meningkat.

Saat ini sendiri, proses daur ulang logam langka di Jepang masih dalam tahap pengujian dan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, pemerintah akan terus mendorong dengan mensubsidi biaya penelitian dan diharapkan sebagai sambutan ke era dunia bebas polusi.

Kementerian juga berjanji jika Jepang berhasil mendaur ulang logam langka ini maka bahan baku ini akan diekspor ke luar negeri.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here