Siap Kasih Dukungan untuk Pekerja Asing, Kemnaker Jepang Akan Kumpulkan Data Mendetail untuk Ambil Kebijakan

Pemerintah Jepang lewat Kementerian Tenaga Kerja telah mengumumkan perencanaan pengumpulan data dari setiap pekerja asing yang bekerja di Jepang di tahun fiskal 2023 demi mengakomodasi kebutuhan mereka selama mereka bekerja di Jepang lebih baik.

Menurut data Kementerian, hingga saat ini, pekerja asing di Jepang dari berbagai negara telah mencapai angka 1,73 juta yang tercatat pada Oktober 2021 namun pemerintah hanya memiliki data para pekerja seputar informasi dasar mereka saja seperti tempat tinggal, asa negara, tempat kerja dan lainnya.

Namun hal ini menimbulkan kritik bahwa pemerintah tidak memberikan langkah dukungan yang memadai untuk para pekerja asing karena tidak mengetahui kondisi kerja mereka yang sebenarnya.

Seperti data Kementerian dan Badan Layanan  Imigrasi Jepang mengatakan bahwa banyak pekerja asing yang tiba-tiba meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja karena masalah keuangan atau gaji yang mereka terima tidak sesuai.

Nentinya, data yang akan  dikumpulkan pemerintah seperti besarnya pendapatan, jenis/bidang pekerjaan, masa kerja dan beberapa data mendetail tentang pekerja tersebut akan menjadi  dasar pemerintah mengambil langkah dukungan bagi seluruh pekerja asing agar tetap merasa nyaman bekerja di Jepang.

Langkah dukungan ini juga akan menjadi daya tarik bagi pekerja asing agar nantinya  selama bekerja di sana merasa aman dan terjamin apalagi saat ini Jepang tengah mengalami krisis tenaga kerja.

Source : KN