Siap Menikah? Pemerintah Jepang akan Beri Tunjangan Hingga 600.000 Yen Bagi Pengantin Baru

Pemerintah Jepang mengatakan pada hari Minggu (20/9/20) bahwa kini sedang mempertimbangkan program untuk memberikan tunjangan bagi pasangan baru yang menikah mulai April 2021 sebesar 600.000 Yen atau sekitar Rp 78.000.000.

Rencananya, pengantin baru tersebut harus mengikuti syarat program pemerintah dengan tinggal di kota yang mengadopsi program dari pemerintah tersebut serta syarat yang diberlakukan oleh pemerintah lainnya.

Sementara itu, syarat lainnya adalah usia suami-istri pada saat pendaftaran program harus dibawah 40 tahun serta pendapatan keluarga kurang dari 5,4 juta yen. Bagi pasangan berusia lebih dari 35 tahun dan memiliki pendapatan gabungan 4,8 juta yen akan menerima tunjangan sebesar 300.000 Yen.

Tunjangan dari program ini nantinya bisa dipakai oleh pengantin baru untuk memenuhi kebutuhan setelah mereka menikah.

Program ini sebagai upaya dari pemerintah dalam mengatasi angka kelahiran yang rendah dan kecenderungan orang dewasa di Jepang yang enggan untuk menikah.

Angka kelahiran yang kian menurun dan angka lansia yang terus naik dari tahun ketahun menjadikan masalah tersendiri bagi pemerintah Jepang.

Program tunjangan ini diharapkan akan efektif untuk mendorong orang dewasa di Jepang agar mau menikah dan memiliki anak.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here