Siap-siap! Restoran, Hotel di Jepang Akan Terapkan Diskon Bagi yang Sudah Vaksin

Demi kembali membangkitkan perekonomian yang sempat lesu akibat diterjang pandemi corona, sejumlah bisnis restoran, tempat hotel bahkan venue pernikahan akan menerapkan diskon bagi pelanggan yang telah menjalani vaksinasi.

Selain itu, upaya ini juga akan mendorong masyarakat untuk segera mengikuti program vaksin yang tengah digencarkan pemerintah.

“Saya ingin mengembalikan kehidupan sehari-hari saat sebelum pandemi secepat mungkin.” ucap Toshiyuki Fujimura, salah satu kepala restoran yakiniku di Nagoya yang akan memberikan diskon hingga 3000 JPY jika telah divaksin.

Selain itu, beberapa bisnis lain seperti penginapan tradisional di Nagasaki telah membagikan kupon diskon bagi mereka yang bisa menunjukan telah menjalani program vaksinasi.

Pengelola penginapan berharap bahwa program diskon ini akan menguntungkan 2 pihak yakni mendorong masyarakat agar segera vaksin dan operasional bisnis dapat kembali bangkit.

Saat ini, sejumlah masyarakat di Jepang masih enggan untuk melakukan vaksinasi karena kekhawatiran akan efek sampingnya.

Meski begitu, Profesor Hukum dari Universitas Kenshu memperingatkan bahwa program diskon semacam ini harus dilakukan secara hati-hati.

Menurut Profesor Hukum tersebut mengatakan bahwa vaksinasi tetap didasarkan pada kehendak individu sehingga tidak boleh menciptakan masyarakat di mana mereka merasa salah/kalah jika tidak vaksin.

Source : nippon