Stagnan Selama 30 Tahun, PM Kishida Desak Agar Upah Pekerja Bisa Dinaikan hingga 3%

Demi mewujudkan janji politik PM Fumio Kishida yang akan membawa Jepang terhadap visinya akan membentuk kapitalisme baru di negara tersebut, Kishida telah mendesak agar upah pekerja dapat dinaikan.

Menurutnya, kenaikan upah merupakan poin penting dan langkah pertama untuk mewujudkan pertumbuhan dan distribusi ekonomi yang kuat apalagi melihat data selama 30 tahun terakhir Jepang stagnan dibandingkan negara maju lainnya seperti Amerika, Inggris dan Jerman.

Kishida berharap pada pertemuan dengan serikat pekerja di musim semi tahun ini dapat menemukan titik temu dengan pengusaha untuk menerapkan kenaikan upah hingga 3%.

“Distribusi  hasil kenaikan upah akan menciptakan ekonomi yang baik  dan mengarah pada pertumbuhan lebih lanjut. Sangat penting bagi perusahaan untuk menaikan upah dari sudut pandang masa depan ekonomi Jepang” ucap Kishida.

Meski begitu, serikat pekerja di negara tersebut telah menyerukan kenaikan upah kepada pemerintah sebesar 4%. Namun ketua federasi pengusaha Jepang mengatakan bahwa tugas manajemen perusahan adalah berbagi keuntungan dengan seluruh pekerja.

Para Analis ekonomi sendiri telah mengatakan jika adanya kenaikan upah maka harga konsumen pada pasar masyarakat harus siap naik karena perusahaan cenderung akan menaikan  harga demi menutup kenaikan upah.

Source : NHK