Sukarelawan Tetap Kibarkan Bendera Afghanistan di Pembukaan Paralimpiade Sebagai Bentuk Solidaritas

Bendera Afghanistan terlihat dikibarkan oleh seorang sukarelawan pada upacara pembukaan Tokyo Paralimpiade pada Selasa 24/8/21 malam kemarin usai negara tersebut dilanda krisis politik dan tidak bisa mengikuti pertandingan.

Meskipun dalam kontingen Afghanistan tidak ada satu pun atlet, bendera tersebut tetap dibawa dan dikibarkan di stadion oleh sukarelawan sebagai tindakan solidaritas.

Dalam konferensi pers, juru bicara Komite Paralimpiade Internasional mengatakan bahwa mereka telah menerima tanggapan dari badan PBB yang menginginkan sukarelawan tetap membawa bendera sebagai gantinya karena organisasi PBB bersifat netral.

Para Atlet Paralimpiade asal Afghanistan batal mengikuti pertandingan usai negara mereka yang kembali dikuasai oleh kelompok militan Taliban.

Menurut IPC, tidak ada cara yang aman agar bisa membawa atlet asal Afghanistan tersebut ke Jepang agar bisa mengikuti pertandingan.

Sejak Selasa malam kemarin, pertandingan Tokyo Paralimpiade telah resmi dimulai. Upacara pembukaan juga dihadiri langsung oleh Kaisar Naruhito dan PM Yoshihide Suga.

Source : KN, SBS