Sulit Berobat saat di Jepang Karena Terkendala Bahasa? Kini Aplikasi Telehealth Multilingual Bisa Jadi Solusi Buat Kamu!

Pengakuan salah satu dokter di salah satu rumah sakit di Jepang bernama Takanori Jo, mengungkapkan bahwa ia sering kesulitan bagi pasien warga asing yang akan berobat diJepang  karena terkendala bahasa.

Karena itulah, ia mendirikan sebuah perusahaan startup yang khusus melayani perawatan medis dan dukungan medis untuk orang asing di Jepang.

Di saat pandemi seperti ini, membuat dr Jo harus memulai konsultasi dan pemeriksaan medis secara online yang tersedia dalam berbagai bahasa.

Aplikasi ini memungkinkan bagi para warga asing yang sedang di Jepang untuk membantu mendapat dukungan medis apalagi yang tidak menguasai bahasa Jepang karena tersedia dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, China, Vietnam dan juga Jepang

Dengan aplikasi ini, para warga asing bisa berkonsultasi dengan lebih dari 10 dokter yang mencakup dokter spesialis seperti, THT , dermatologi, otolarigologi, dan lain sebagainya yang nantinya si pasein asing akan berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi zoom.

Kita juga tidak lagi perlu datang ke rumah sakit atau pun klinik, karena dokter bisa saja datang ke tempat jika diperlukan dengan obat-obatan yang akan langsung dikirim ke rumah pasien. Kita juga tidak perlu membayar tunai karena bisa dibayar lewat kartu kredit.

Saat ini sendiri, aplikasi tersebut telah beroperasi dengan konsultasi gratis hingga 10 menit dan jika lebih dari itu, maka kita harus membayar 1.000 yen diluar biaya obat-obatan.

Hingga bulan Juni tahun lalu, data imigrasi Jepang mencatat ada sebanyak 2,9 juta penduduk asing di Jepang dan aplikasi ini dirasa sangat ampuh bagi orang asing yang ingin mendapat dukungan medis tetapi terkendala bahasa.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here