Superkomputer Jepang Fugaku Beroperasi Penuh Untuk Membantu Penelitian COVID-19

Superkomputer Fugaku Jepang, yang tercepat di dunia dalam hal kecepatan komputasi, mulai beroperasi penuh pada Selasa (09/02/2021), lebih cepat dari jadwal, dengan harapan dapat digunakan untuk penelitian terkait novel coronavirus.

Superkomputer ini meluncurkan operasi parsial pada April tahun lalu untuk memvisualisasikan bagaimana tetesan yang dapat membawa virus menyebar dari mulut dan untuk membantu mengeksplorasi kemungkinan pengobatan untuk COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus tersebut.

“Saya berharap Fugaku akan disayangi oleh orang-orang karena dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh pendahulunya K, termasuk AI Applicatios dan big data analytics,” kata Hiroshi Matsumoto, presiden dari pengembang lembaga penelitian Riken, dalam sebuah upacara yang diadakan. di Riken Center for Computational Science di Kobe, tempatnya dipasang.

Fugaku, yang dapat melakukan lebih dari 442 kuadriliun komputasi per detik, pada awalnya dijadwalkan untuk mulai beroperasi penuh pada tahun fiskal mulai April.

Ini pada akhirnya akan digunakan di bidang-bidang seperti climate and artificial intelligence applications dan akan digunakan di lebih dari 100 proyek, menurut Riken yang disponsori negara.

Superkomputer, yang dikembangkan bersama oleh pembuat komputasi Jepang Fujitsu Ltd., menduduki peringkat tercepat di dunia untuk kecepatan komputasi untuk pertama kalinya dalam proyek TOP500 AS-Eropa dua kali setahun pada bulan Juni dan mempertahankan posisi teratas pada bulan November.

Superkomputer ini juga menempati peringkat pertama dalam tiga kategori lain yang mengukur kinerja dalam metode komputasi –penggunaan industri, AI Applications, dan big data analytics, menjadikannya superkomputer pertama di dunia yang mendominasi empat kategori untuk dua peringkat berturut-turut, kata Riken.

Pendahulunya, superkomputer K, dinonaktifkan pada 2019.

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here