Survey : 45% Mahasiswa Jepang Alami Kesulitan Keungan Selama Pandemi Corona

Dampak dari penyebaran virus corona memang tak bisa dianggap remeh. Bahkan banyak bisnis yang tutup akibat adanya pandemi ini membuat pendapatan masyarakat juga menurun.

Menurut survey yang dilakukan University Co-operative Assocation dari data responden sebanyak 7637 mahasiswa di 245 universitas di Jepang menunjukan bahwa rasio siswa yang mengalami kebutuhan hidup yang tak terpenuhi naik secara signifikan.

Pada bulan Juli, sebanyak 44,7% dari mereka mengaku alami kesulitan keuangan, menghadapi keterbatasan kelas online dan merasa rendah.

Dalam pertanyaan survey tersebut sebanyak 66,7% mengatakan bahwa kondisi saat ini membuat mereka khawatir tentang masa depan mereka dan 45,3% mengatakan bahwa saat ini mereka lesu dan tidak memiliki motivasi.

Pelajar yang alami kekurangan uang sebanyak 19,6% mengatakan bahwa pendapatan mereka turun karena banyak pemangkasan shift kerja di tempat paruh waktu tempat kerja mereka apalagi dengan peraturan status darurat dari pemerintah. Bahkan diantara mereka juga banyak yang tidak bisa menemukan pekerjaan paruh waktu.

Ditengah kekurangan uang pada mahasiswa, banyak dari mereka mencari bantuan beasiswa hingga membuat peminat beasiswa di universitas naik signifikan.

Source : KN