Survey : 80% Mahasiswa Akhir Jepang yang Akan Lulus Tahun Depan Telah Mendapat Pekerjaan

Di Jepang, memang bukan hal aneh ketika seorang mahasiswa yang telah diincar perusahaan bahkan sebelum ia lulus dari kampusnya.

Menurut data survey yang dilakukan oleh Recruit.co, setidaknya sebanyak 80,5% mahasiswa yang direncakan akan lulus pada Maret tahun depan telah mendapat pekerjaan sejak 1 Juli lalu.

Pekerjaan tersebut meliputi banyak bidang pekerjaan baik perusahaan swasta maupun menjadi pegawai negeri.

Angka ini pun meningkat sebanyak 7,3%  dari tahun sebelumnya akibat tahun lalu ketika dimulainya pandemi, banyak perusahaan yang menurunkan jumlah kapasitas perekrutan karyawan bahkan terpaksa melakukan PHK besar-besaran.

Meskipun data tahun 2021 masih kalah dengan tahun 2019 dimana di tahun tersebut tercatat sebanyak 85.1% dimana lebih besar 4,6% dibandingkan dengan tahun sekarang.

Menurut Recruit, pada tahun tersebut juga dipengaruhi oleh banyaknya mahasiswa yang tinggal di pedesaan yang bertujuan ingin menjadi pegawai negeri yang dianggap adalah pekerjaan yang stabil.

Menurut data tersebut juga menyatakan bahwa tingkat ketertarikan mahasiswa yang ingin bekerja sebagai pegawai negeri di wilayah Tokyo hampir tidak pernah berubah dari tahun ke tahun.

Selain itu, wilayah lain seperti Osaka, Kinki, Nagoya dan kota besar lainnya menunjukan tingkat ketertarikan menjadi pegawai negeri meningkat sedikit dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut kepala lembaga survey Recruit Zen Matsumoto mengatakan bahwa mahasiswa yang belum mendapat pekerjaan tidak perlu khawatir karena biasanya angka tersebut akan naik.

“Siswa yang belum mendapat pekerjaan mungkin khawatir, namun ada banyak senior yang mendapat pekerjaan setelah bulan Juli. Saya harap mereka dapat menemukan pekerjaan yang sesuai” ucap Zen Matsumoto

Source : KN