Survey : 90% Perusahaan Jepang Tidak Mengadakan Bounenkai Tahun Ini Akibat Pandemi

Bounenkai, merupakan sebuah tradisi orang Jepang yang biasa diadakan oleh organisasi baik perusahaan, pertemanan dan lainnya yang biasa diadakan ketika akhir tahun. Acara ini merupakan acara yang digelar setiap tahun untuk melupakan masalah dan hal buruk yang sudah dilalui tahun ini.

Dilansir dari Kyodo, tahun ini 9 dari 10 perusahaan tidak mengadakan acara tahunan tersebut demi menekan angka penyebaran virus corona. Selain itu menurut survey juga mengatakan, tidak digelarnya bounenkai juga karena ada gangguan lain sehingga tidak mungkin untuk merayakannya.

Menurut survey Tokyo Shoko Research tahun ini 87,6% dari 10.059 perusahaan tidak akan menggelar acara tradisi tersebut di akhir tahun ini.

Dalam beberapa hari terakhir, jumlah komulatif kasus corona di Jepang dari seluruh prefektur memang meningkat tajam. Bahkan angka penyebaran virus sempat menyentuh angka lebih dari 3.000 kasus dalam 1 hari.

Para perusahaan menginstruksikan kepada seluruh pegawainya untuk menahan diri mengadakan acara musiman yang dapat memicu meningkatkan penyebaran virus corona.

Hal ini juga berdampak pada berbagai restoran yang biasanya menerima reservasi acara tahunan tersebut namun kini sepi.

Beberapa pemilik bar dan restoran mengatakan pendapatan mereka bisa turun hingga 80% pada tahun ini akibat adanya pandemi corona. Terlebih lagi dengan kebijakan pemerintah daerah di beberapa prefektur yang mengharuskan bar dan restoran harus tutup sebelum jam 10 malam.

Kepada Shoko Research Harada Mitsuhiro mengatakan bahwa hilangnya peluang konsumsi masyarakat tentu akan berdampak pada industri perhotelan dan juga perekonomian negara.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here