Tahukah Kamu Biaya Pindahan di Jepang Begitu Mahal? Apa yang Membuatnya Mahal? Simak Berikut!

Mungkin jika berbicara tentang pindahan rumah di Indonesia dan Jepang sedikit berbeda. Kali ini kita akan bahas mengenai perpindahan rumah kontrak jika kita tinggal di Jepang. Jika di Indonesia ketika kita pindah rumah/kosan mungkin yang diperlukan adalah mencari dan menyewa tempat baru, membayar sewa sesuai dengan kebijakan empunya sewa setelah itu kita bisa menempati rumah/kos tersebut.

Sedikit berbeda dengan di Jepang. biaya yang harus dikeluarkan ketika kita pindah rumah/kos dan menyewa di tempat lain tidaklah murah. Hal ini karena ada beberapa biaya yang harus kita keluarkan sebelum menempati rumah/kos sewa tersebut.

Pertama ada biaya yang disebut dengan Shikikin “敷金”. Biaya ini adalah biaya sewa pokok dari rumah/kos yang akan kita sewa. Biaya tersebut biasanya tergantung dari tempat dan juga lokasinya. Umumnya adalah sekitar 60.000 yen – 70.000 Yen (Sekitar Rp 6.500.000 – Rp 8.000.000)/ bulannya.

Kedua ada yang disebut dengan “Reikin” 礼金. Biaya ini adalah biaya awal ketika kita akan pindah rumah dan besaran biayanya biasanya adalah 1x pokok sewa perbulan.

Ketiga ada yang disebut dengan biaya “Chuukai Tesuryou” 仲介手数料. Biaya ini bisa disebut dengan biaya agen dan harganya bisa mencapai 1x pokok sewa.

Keempat ada biaya yang disebut dengan “Hoshou Tesuuryou” 保証手数料. Biaya ini bisa disebut sebagai biaya jaminan dan harga yang harus dibayarkan bisa berbeda.

Biaya ini juga belum termasuk biaya angkut barang. Biaya angkut ini bisa berbeda harganya setiap perusahaan angkutan namun biasanya berkisar 100.000 Yen (Rp 10.000.0000)

Belum lagi jika ada barang yang tidak dibutuhkan yang ingin kita buang. Kita tidak bisa langsung membuang barang tersebut begitu saja. Di Jepang ada aturan dalam membuang barang dan itu akan dikenakan biaya tergantung dari barangnya,

Di jepang biaya pindah sewa rumah/kos bisa 3-4 kali lipat dari harga sewa pokok. Biaya yang paling memberatkan adalah biaya di awal ketika pindahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here