Taiwan Harap Jepang Bisa Jadi Negara yang Berperan Besar dalam Keamanan Stabilitas Regional

Wakil Perwakilan Taiwan untuk Jepang Tsai Ming Yao mengatakan bahwa Jepang dapat lebih memainkan peran yang lebih besar untuk memastikan stabilitas kawasan

“Peran Jepang dalam mencegah China dalam menginvasi Taiwan menjadi lebih penting. Ini adalah dokumen penting secara historis. Saya ingin mengucapkan terima kasih” ucap Tsai Ming Yao pasca KTT Jepang-AS tentang pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Tsai mengatakan bahwa percuma jika hanya adu kuat senjata dengan China. Ia yakin bahwa Jepang dan AS dapat bersama-sama menemukan solusi dengan cara politik dan diplomasi terutama tentang ketegangan Taiwan dan China.  

Beberapa waktu lalu, Perdana Menteri Yoshihide Suga mengunjungi Amerika bertemu dengan Presiden AS Joe Biden untuk membahas serangkaian kerjasama termasuk pertahanan.

China dan Taiwan terpisah sejak 1949 usai terjadi perang saudara, dan Taiwan merupakan pulau pelarian diri sehingga hingga kini, China menganggap bahwa Taiwan adalah provinsi mereka yang memberontak dan hanya menunggu penyatuan kembali.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here