Kurangi Pakai Tenaga Manusia, Kirim Barang Belanjaan E-Commerce di Jepang Mulai Pakai Robot Kurir Otomatis

Robot kendali otomatis berukuran kecil ini kini bisa mengantarkan paket bahan makanan bahkan kebutuhan sehari-hari ke sekitar 1000 rumah di pusat Tsukuba Jepang.

Layanan ini merupakan salah satu layanan dari perusahaan e-commerce Rakuten yang bekerja sama  dengan Panasonic dan Seiyu Corp.

Robot pengantar berukuran panjang 117cm, lebar 65cm dan tinggi 115cm ini dapat memuat kapasitas hingga 14 liter barang bawaan. Kapasitas ini dirasa mampu untuk membawa 2 isi keranjang belajaan bahkan dapat membawa makanan/minuman yang dinign atau harus tetap dibekukan.

Dengan mata kamera dan sensor canggih di sekujur tubuhnya, robot ini mampu berjalan dan berhenti otomatis ketika ada pejalan kaki maupun objek lain.

Bahkan, robot ini pun dapat mengeluarkan suara dan tanda jika ingin berbelok.

Tak perlu khawatir barang belanjaan diambil orang saat di jalan, ketika robot ini sampai di rumah konsumen maka konsumen tersebut harus memasukan pin untuk membuka bagasi barang belanjaannya.

Pemesanan dengan robot ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi smartphone dan barang akan dikirimkan paling cepat hingga 30 menit.

Menurut Rakuten, permintaan terhadap kurir otomatis seperti ini sangat diperlukan karena saat ini Jepang tengah menghadapi krisis tenaga kerja sehingga robot ini bisa menjadi solusi.