Tak Mau Kalah, Jepang Kini Persiapkan Penerbitan Baru CBDC atau Mata Uang Digital

Jepang kini tengah mempersiapkan penerbitan mata uang digital di sektor publik dan swasta seiring menyusul langkah negara lain seperti China dan Amerika yang telah melakukan hal yang sama.

Mata uang yang dikeluarkan bank sentral ini dapat digunakan untuk pembayaran cashless melalui smartphone atau pun media elektronik lain seperti kartu dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kartu kredit/debit yang juga tidak memerlukan uang kertas/koin, mata uang digital ini lebih mampu menyelesaikan transaksi seperti transfer, pembayaran apa pun tanpa perlu komisi kepada pihak ketiga atau penyedia layanan.

Seperti negara kepulauan Karibia yakni Bahama dilaporkan telah menerbitakan CBDC (Central Bank Digital Currency) atau mata uang digital dan juga beberapa negara di kawasan Asia lainnya.

Mata uang digital ini akan membawa masyarakat ke era baru dimana sistem keuangan lebih modern dan lebih efektif. Mat uang digital ini juga diklaim lebih aman dari serangan siber atau pun pemalsuan karena pengelolaan uang CBDC langsung menggunakan smartphone pengguna kapan saja dan dimana saja..

Para ahli keuangan mengatakan bahwa hadirnya CBDC ini bisa menjadi instrumen penting bagi masyarakat sejalan dengan berkembangnya era digitalisasi modern yang lebih memudahkan manusia bertransaksi.

Source : JT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here