Takut Maninggal Sehabis Vaksin? Pemerintah Jepang Siapkan Uang Jaminan Rp 5,7 Milyar Jika Kamu Mengalaminya!

Saat ini, Jepang sudah mulai vaksinasi yang dimulai duluan oleh tenaga kesehatan yang sedang berjuang di garis depan yang diikuti dengan Lansia dan juga masyarakat umum.

Meski begitu, tak sedikit juga bagi warga Jepang yang masih belum yakin dan percaya bahwa vaksin tersebut benar-benar ampuh karena proses pembuatan vaksin saat ini terbilang terburu-buru demi mengejar agar pandemi cepat selesai.

Apalagi, banyak artikel dan berbagai media pemberitaan yang menginformasikan bahwa vaksin dari berbagai vendor masih memiliki efek samping untuk tubuh manusia.

Demi memberikan rasa aman dan meyakinkan masyarakat, pemerintah lewat Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan akan menjamin bagi orang yang menerima vaksin jika terbukti meninggal karena menerima vaksin, maka pemerintah akan menanggung biaya dan santunan kepada keluarga hingga 44,22 juta yen atau setara dengan Rp 5,7 milyar dan biaya pemakaman hingga 209.000 yen atau sekitar Rp 27.000.000.

Tunjangan ini akan diberikan tanpa terkecuali bagi semua penerima vaksin yang memang terbukti meninggal karena vaksin entah dari tenaga medis, lansia ataupun masyarakat umum termasuk juga karena kelalaian dari pihak medis yang memberikan vaksin.

Sebenarnya, jaminan seperti ini sudah kementerian buat untuk segala jenis vaksinasi karena proses persetujuan vaksin di Jepang memang melalui tahap yang ketat hingga terjamin aman untuk masyarakat . Hal tersebut juga dipertegas oleh Menteri Kesehatan Norihisa Tamura dalam rapat anggaran beberapa hari lalu.

Jaminan ini diharapkan dapat membangkitkan kepercayaan masyarakat bahwa vaksin yang telah melewati berbagai tahap dan uji keamanan sudah terbukti aman

Source : kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here