Tambahkan Kuota, Total Dosis Vaksin yang Didonasikan Negara Berkembang dari Jepang Capai 60 Juta Dosis

Pemerintah Jepang mengatakan akan menambahnkan 30 juta dosis vaksin tambahan yang akan didistribusikan dan didonasikan kepada negara berkembang sebagai upaya untuk memastikan akses adil dan menyelamatkan jiwa warga dunia.

Penambahan tersebut langsung diungkapkan oleh PM Yoshihide Suga saat pertemuan online dengan presiden Amerika Joe Biden sehingga total komitmen Jepang dosis yang didonasikan mencapai 60 juta dosis.

Jepang sendiri telah menyumbangkan setidaknya 23 Juta dosis ke negara Asia Tenggara yang mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand dan Vietnam menggunakan dosis vaksin AstraZeneca.

Kabarnya, setengah lagi akan menggunakan fasilitas vaksin dari Covax yang telah didukung PBB untuk memberikan bantuan kepada negara-negara miskin.

Menurut Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa Jepang saat ini negara ke 3 dengan penyumbang terbanyak dosis Covid-19 di belakang Amerika dan China.

Selain itu, PM Suga mengatakan Jepang pun telah membantu negara lain dengan memberikan pasokan konsentrator oksigen dan ventilator.

Source : KN