Telepon Joe Biden, PM Suga Tegaskan Perkuat Aliansi Jepang-AS

Perdana Menteri Yoshihide Suga pada Kamis kemarin telah berdiskusi dengan Presiden baru AS Joe Biden bahwa aliansi Jepang dan AS akan semakin kuat demi menjaga kawasan Indo-Paisific yang bebas terbuka.

Dalam konferensi pers dengan media, PM Yoshihide Suga mengatakan bahwa Presiden Joe Biden akan berkomitmen unuk membantu Jepang dalam mempertahankan pulau Senkaku yang diklaim sepihak oleh pemerintah China.

PM Yoshihide Suga akan terus berencana untuk mendekatkan hubungan yang lebih mendalam dengan AS mengingat saat ini agresi militer China dan juga program nuklir Korea Utara yang kian mengkhawatirkan akan memicu perang.

“Saya ingin memperdalam hubungan dengan Presiden Biden dan bekerja untuk memperkuat aliansi Jepang-AS” kata Suga dalam konferensi pers.

Pekan lalu, Pemerintah China telah mengesahkan undang-undang dimana kapal penjaga pantai atau coastguard bisa dilengkapi dengan persenjataan militer.

Suga dan Biden akan terus saling berkoordinasi dengan PM Australia dan India demi memperkuat aliansi untuk menjaga kawasan Indo-pasifik yang aman.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here