Tembak Rudal Balistik ke Perairan Jepang, Perdana Menteri Yoshihide Suga Kecam Keras Perlakuan Korea Utara

Pemerintah Jepang mengatakan bahwa Korea Utara telah menembakan 2 rudal balistik ke wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif Jepang pada Kamis pagi tadi.

Hal ini juga merupakan aksi pertama kali Korea Utara usai Joe Biden yang kini menjabat menjadi presiden Amerika.

Menurut pemerintah Jepang, rudal tersebut mendarat di daerah teritorial perairan Jepang dan dilaporkan belum ada kerusakan yang ditimbulkan akibat penembakan rudal tersebut.

Rudal pertama dikonfirmasi meledak sekitar pukul 7 pagi di pantai timur Korea Utara yang masuk dalam ZEE Jepang dan rudal kedua dikonfirmasi meledak sekitar 20 menit kemudian.

Perdana Menteri Yoshihide Suga angkat bicara mengenai perlakuan Korea Utara tersebut dengan mengutuknya bahwa Korut telah melanggar dewan keamanan PBB yang melarang menembakan rudal balistik.

“Ini mengancam perdamaian dan keamanan Jepang” ucap Perdana Menteri Suga.

Pemerintah Jepang juga secara resmi telah mengajukan protes terhadap perlakuan Korea Utara melalui kedutaan besarnya di Beijing China karena Jepang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Korut.

Menanggapi hal tersebut, PM Suga langsung menggelar pertemuan darurat dengan pejabat pertahanan Jepang dan menginstruksikan pada jajarannya untuk terus menggali informasi dan memastikan keselamatan laut dan udara wilayah Jepang.

Tahun lalu, Korut juga menembakan rudal balistiknya ke arah perairan Jepang pada 29 Maret 2020 dengan alasan sedang menguji senjata jarak pendek miliknya.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here