Tempat Olimpiade Dilaporkan Aman Setelah Terjadi Gempa Bumi Di Jepang

Tiga tempat Olimpiade Tokyo di utara dan timur ibu kota dilaporkan tidak rusak pada Minggu (13/02/2021) menyusul gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda Jepang pada malam sebelumnya, kata panitia penyelenggara Olimpiade.

Prefektur Fukushima dan Prefektur Miyagi yang berdekatan, keduanya dilanda gempa besar dan tsunami pada 11 Maret 2011, akan menjadi tuan rumah pada acara Olimpiade untuk mempromosikan rekonstruksi regional.

Stadion Azuma, di kota Fukushima, akan menjadi tuan rumah pertandingan bisbol dan softball, sedangkan Stadion Miyagi, timur laut Sendai, akan menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola Olimpiade. Tempat sepak bola lainnya, Stadion Kashima Prefektur Ibaraki, juga dinyatakan tidak rusak seperti halnya semua fasilitas sementara.

Panitia penyelenggara mengatakan survei menyeluruh terhadap tempat-tempat tersebut akan dilakukan paling cepat Senin dan akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah sebagai persiapan untuk Olimpiade yang dibuka pada 23 Juli.

Titik awal estafet obor Olimpiade yaitu dipusat pelatihan sepak bola nasional J-Village Fukushima, juga tampak tidak rusak akibat gempa.

Estafet obor akan dimulai pada 25 Maret dan komite mengatakan akan memeriksa status rute estafet “sebagai persiapan untuk maju bekerjasama dengan komite eksekutif lokal.”

Sc: Kyodo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here