Tiba di Indonesia, Hampir 1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Hibah dari Jepang Siap Digunakan

Indonesia menerima pasokan vaksin dari pemerintah Jepang buatan AstraZeneca sebagai bentuk bantuan dan mempererat hubungan bilateral Jepang dan Indonesia.

Sebanyak 998.400 dosis vaksin tiba di bandara Soekarno Hatta pada Kamis 1 Juli 2021 lalu menggunakan pesawat asal Jepang, Japan Airlines.

Kedatangan vaksin hibah dari Jepang tersebut medapat sambutan positif dari Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin.

“Kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Bapak Duta Besar, Pemerintah dan Seluruh Rakyat Jepang atas perhatian dan bantuan pengiriman vaksin AstraZeneca ke Indonesia.” ucap Menkes Budi Sadikin dalam keterangan virtual.

Selain itu, ucapan terima kasih juga dilontarkan dari Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, karena dengan adanya pasokan vaksin ini merupakan hasil nyata dari kerja sama vaksin antara Indonesia dan Jepang dalam mendukung penanganan virus corona di Indonesia.

Vaksin hibah dari Jepang telah dikonfirmasi oleh ketua BPOM Penny Lukito dan akan menjamin bahwa kualitas vaksin tersebut baik sebelum diberikan pada masyarakat Indonesia.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan bahwa pemberian vaksin AstraZeneca ini merupakan bukti persahabatan kedua negara. Kenji berharap agar pemberian vaksin ini bermanfaat bagi pemerintah Indonesia untuk menangani virus corona.

Source : Presiden.go.id