Tiba di Jepang, Atlet Asal Uganda Dinyatakan Positif Covid-19

Salah seorang dari rombongan atlet asal Uganda telah tiba di Jepang sejak Minggu 20/6/21 kemarin dan dilarang masuk Jepang karena terdeteksi terpapar virus corona.

Sebanyak 8 anggota tim yang terdiri dari beberapa cabang olahraga asal Uganda tersebut menjalani tes ulang setibanya di bandara Narita.

Mereka dijadwalkan akan dikirim ke kampung atlet di Izumisano Osaka.

Menurut keterangan perwakilan Uganda, para atlet asal Uganda tersebut telah menerima vaksin di negara mereka menggunakan AstraZeneca buatan Inggris dan telah menyerahkan hasil negatif covid 72 jam sebelum berangkat ke Jepang.

“Kami akan meminta 8 anggota asal Uganda menahan diri dari pelatihan beberapa waktu dan memerlukan pengujian demi memastikan pencegahan dan pengendalian infeksi secara ketat agar dapat bertanding dengan aman” ucap Hiroyasu Chiyomatsu walikota Izumisano Osaka letak kampung atlet.

Uganda sendiri merupakan negara kedua yang telah mengirimkan  atlet yang akan berlaga di Olimpiade nanti usai Australia yang telah mengirim atlet Softball wanita pada 1 Juni lalu.

Kedatangan tim Uganda tersebut sempat tertunda akibat adanya lonjakan infeksi di negaranya dan seharusnya akan berlatih di fasilitas olahraga Izumisano Osaka pada 19 Juni lalu.

Source : mainichi