Tingkatkan Kesadaran Tentang Kesamaan Hak, Komunitas Transgender Gelar Pawai di Shinjuku Jepang

Sejumlah kelompok yang mengaku dari komunitas Transgender menggelar pawai di daerah Shinjuku Tokyo pada 20 November demi meningkatkan kesadaran pada masyarakat agar mengakui hak asasi dan martabat transgender.

Diperkirakan sebanyak 400 peserta berjalan sejauh 1,7km di daerah stasiun Shinjuku sambil memegang bendera “pride” khas mereka bertuliskan “Kami tidak mentolerir kebencian trans” dan juga berbagai tulisan lainnya.

Acara ini diselenggarakan oleh sejumlah aktivis yang mengaku transgender pada hari peringatan Transgender Internasional demi meningkatkan kesadaran bahwa kaum transgender memiliki kesamaan hak mengingat adanya kasus di negara lain kaum transgender meregang nyawa akibat terkena perlakuan transphobia.

Di luar Jepang ada insiden dimana orang yang mengganti jenis kelamin atau transgender telah dibunuh oleh pelaku transphobia. Selain itu, kaum transgender juga kerap kali mendapat deskriminasi dan pengucilan hingga tak jarang menyebabkan bunuh diri.

Transphobia sendiri adalah serangkaian perlakuan dan perasaan antagonistik melawan kaum transgender atau transseksual, atau melawan transeksualitas. Transfobia dapat membentuk perasaan tidak nyaman, takut, dan emosional pada orang-orang yang tidak nyaman terhadap keberadaan penyimpangan gender di masyarakat tersebut.

Asanuma, salah satu partisipan yang turut dalam pawai tersebut berpidato bahwa saat ini manusia semua hidup berdampingan dan harapan kedepannya adalah kaum transgender dapat hidup dengan nyaman.

Source : mainichi