Tok! Pemerintah Jepang Umumkan Perpanjangan Status Darurat di Wilayah Tokyo

Pemerintah Jepang telah resmi mengumumkan perpanjangan status darurat di wilayah Tokyo sehingga akan berakhir pada 21 Maret.

Langkah ini terpaksa dilakukan pemerintah untuk membendung penyebaran virus di wilayah Ibukota yang dirasa belum cukup membaik dalam kurun waktu terakhir.

Para ahli kesehatan juga telah memberikan masukan kepada pemerintah bahwa kebangkitan infeksi virus corona akan semakin membebani rumah sakit apalagi Tokyo Olimpiade dalam beberapa bulan mendatang akan digelar.

“Dalam dua minggu ini diperlukan untuk mengekang penyebaran virus corona dan kami akan terus pantau situasinya” kata Suga dalam konferensi pers perpanjangan status darurat di wilayah Ibukota.

Perpanjangan status darurat di wilayah Ibukota ini menyerukan kepada seluruh warga untuk menahan diri dari kegiatan di luar terutama saat ini yang sedang memasuki musim semi untuk pesta melihat bunga sakura.

Selain itu, berbagai toko dan restoran serta hiburan malam diharuskan tutup pada jam 8 malam dan berbagai perusahaan harus memotong kapasitas kehadiran di kantor dan juga pembatasan kapasitas pengunjung acara publik.

Perpanjangan status darurat ini akan terus dipantau oleh pemerintah Jepang. Jika semakin memburuk, pemerintah mungkin saja akan kembali memperpanjang status darurat tersebut.

Gubernur Tokyo Yuriko Koike juga telah menyatakan dukungan bagi pemerintah pusat yang memperpanjang status darurat dan menyebut bahwa perpanjangan status darurat selama 2 minggu kedepan ini adalah “periode penting” untuk mencegah munculnya kenaikan tren infeksi corona.

Source : mainichi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here