Tokyo Berencana Untuk Melarang Penjualan Mobil Baru Yang Hanya Bertenaga Bensin Pada 2030

Tokyo berencana untuk selangkah lebih maju dari pemerintah pusat dengan melarang penjualan mobil baru yang hanya bertenaga bensin pada tahun 2030 untuk mencapai emisi gas rumah kaca nol.

Timeline yang diumumkan pada 8 Desember 2020 oleh Gubernur Yuriko Koike pada sesi sidang metropolitan, akan menempatkan Tokyo sekitar lima tahun lebih maju dari pemerintah pusat.

Tokyo juga berniat melarang penjualan kendaraan roda dua baru berbahan bakar bensin pada tahun 2035.

Pemerintah metropolitan mengatakan akan mulai menyusun langkah-langkah khusus untuk mendorong penduduk beralih ke mobil yang lebih ramah lingkungan, seperti kendaraan listrik dan hibrida, dengan bekerja sama dengan pembuat mobil.

Pemerintah metropolitan telah mensubsidi pembelian kendaraan listrik serta model hybrid plug-in dan sel bahan bakar untuk memacu proporsi opsi ramah lingkungan di antara semua penjualan mobil baru di ibu kota menjadi 50 persen pada tahun 2030.

“Kami bertujuan untuk memiliki mobil tanpa emisi atau emisi gas buang rendah, termasuk kendaraan hibrida, yang bertanggung jawab atas semua penjualan mobil baru pada tahun 2030,” kata seorang pejabat pemerintah metropolitan.

Pemerintah pusat sedang mengerjakan rencananya sendiri untuk melarang penjualan mobil bertenaga bensin pada pertengahan 2030-an untuk mengarahkan pasar ke arah mobil listrik dan hibrida. Perdana Menteri Yoshihide Suga baru-baru ini berjanji bahwa Jepang bermaksud untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050

Sc: Asahi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here