Topan Haishen Mengakibatkan Banyak Kerusakan

Dilansir dari NHK, Topan besar bergerak ke utara setelah melewati pulau Kyushu di barat daya. Petugas cuaca meminta orang-orang untuk tetap waspada.

Para pihak berwenang mengatakan bahwa pada pukul 11 ​​pagi pada hari Senin, Topan Haishen berada 260 kilometer di utara Kota Tsushima di Prefektur Nagasaki. Mereka mengatakan topan itu bergerak ke utara dengan kecepatan 45 kilometer per jam menuju Semenanjung Korea. Badai tersebut masih membawa angin kencang ke Kyushu dan sebagian wilayah Chugoku.

Pihak berwenang memperingatkan tanah longsor, sungai meluap, dan banjir di daerah dataran rendah.

Empat orang masih hilang dalam tanah longsor di desa Shiiba, Prefektur Miyazaki, yang dipicu oleh Topan Haisheb pada 7 September. (Aya Hamada)

Sedikitnya 35 orang terluka. Pejabat Prefektur Miyazaki mengatakan empat orang hilang setelah tanah longsor menyapu sebuah bangunan ke sungai terdekat.

Beberapa peternakan mengalami kerusakan. Di Prefektur Nagasaki, lembaran plastik robek karena angin kencang. Para petani mengatakan tanaman telah hancur.

Topan itu menumbangkan pepohonan dan meniup benda-benda ke kabel listrik. Sekitar 500.000 rumah tangga tanpa listrik. Utilitas mengatakan pekerjaan untuk memulihkan daya akan dimulai sesegera mungkin.

Sekitar 6,2 juta orang di 10 prefektur berada di bawah peringatan evakuasi pada 10:30 pagi.Banyak tempat penampungan darurat menerima lebih sedikit orang dan menolak pengungsi untuk mencegah infeksi virus corona.

Badai juga mengganggu perjalanan. Sekitar 580 penerbangan domestik dibatalkan pada hari Senin. Ini termasuk penerbangan ke dan dari wilayah Shikoku dan Chugoku serta Kyushu.

Semua kereta peluru Kyushu Shinkansen dibatalkan pada hari Senin, bersama dengan semua kereta peluru Sanyo Shinkansen antara Hakata dan Hiroshima.

Sc: NHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here