Tren Kasus Corona Menurun, Status Darurat Jepang Direncanakan Dicabut Akhir Bulan Ini

Pemerintah Jepang bertujuan untuk mencabut status darurat yang mencakup 19 Prefektur termasuk Tokyo usai mencatatkan kasus virus corona yang telah melambat dalam beberapa waktu terakhir.

Pemerintah juga mencanangkan akan melonggarkan pembatasan virus pada November mendatang jika target tingkat vaksinasi pemerintah memenuhi target.

Sejak beberapa waktu terakhir, Jepang terus mencatatkan angka penurunan infeksi virus corona. Pada Selasa 21/9/21 kemarin saja, Jepang hanya melaporkan penambahan infeksi corona hanya sebanyak 1767 kasus saja.

“Kasus virus  covid tengah mengalami tren penurunan di seluruh negeri” ucap Yasutoshi Nishimura satuan penanggulangan virus corona di Jepang.

Meski begitu, pencabutan status darurat akan dianalisa berdasarkan situasi dari setiap daerah. Seperti Okinawa dimana situasinya belum memberikan situasi yang baik secara signifikan kemungkinan akan diturunkan level status darurat atau pun ada pemberlakuan pembatasan secara khusus.

Menurut kantor perdana menteri, PM Yoshihide Suga akan bertujuan untuk melonggarkan pembatasan di seluruh negeri dan keputusannya nanti akan didiskusikan terlebih dahulu pada pekan depan.

Source : JT