Turun Peringkat, Tokyo Kini Duduki Nomor 4 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

Memang tidak mengherankan jika Tokyo masuk menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang tinggi karena penduduknya juga memiliki pendapatan yang tinggi.

Data menurut survey tahunan yang dilakukan oleh konsultan Mercer asal Amerika  menunjukan bahwa Tokyo turun 1 peringkat dari tahun sebelumnya yakni dari ke 3 menjadi ke 4 sebagai kota dengan biaya hidup terhamal di dunia.

Di posisi pertama kota dengan biaya hidup paling tinggi diduduki oleh negara Asia Tengah yakni Turkmenistan sementara Hongkong juga ikut turun takhta dari peringkat 1 kini menjadi peringkat ke 2 dan peringkat ke 3 diisi oleh Beirut Libanon.

Singapura yang tadinya menduduki peringkat ke 5 kini berada di posisi ke 7. Sementara kota New York Amerika kota asal perusahaan Mercer tersebut menduduki peringkat ke 14 turun 8 posisi dari tahun sebelumnya.

Survey Mercer ini setidaknya memeringkatkan sebanyak 209 kota di dunia dengan perbandingan biaya pengeluaran, termasuk sewa/beli rumah, biaya transportasi sehari-hari, biaya makan, dan lain lain.

Mercer sendiri mengatakan bahwa pandemi benar-benar menyebabkan gangguan fatal kepada mobilitas perusahaan sehingga kesulitan dalam mengelola tenaga kerja hingga akhirnya berujung pada PHK. Dengan PHK maka pendapatan masyarakat turun hingga menyebabkan daya beli masyarakat juga turun.

Source : JT