Ucap Pernyataan Mengundang Kontroversi, Ketua Panitia Tokyo Olimpiade Mundur dari Jabatannya

Olympics organizing committee president Yoshiro Mori announces his resignation at a meeting with council and executive board members at the committee headquarters in Tokyo on Friday, Feb. 12, 2021. Tokyo Olympics organizing committee president Yoshiro Mori resigned for his sexist remarks. (Yoshikazu Tsuno/Pool Photo via AP)

Ketua panitia sekaligus penyelenggara Tokyo Olimpiade Yoshiro Mori menyatakan mundur dari jabatannya pada Jumat (12/2/21) akibat pernyataan yang dilontarkannya menuai kontroversi.

“Yang penting bisa menggelar olimpiade Juli mendatang, jadi saya tidak ingin menghalangi persiapan” kata Mori saat konferensi pers Jumat lalu.

HIngga saat ini, dewan pimpinan dan petinggi panitia belum menentukan siapa pengganti Mori ditengah kekhawatiran penyelenggaraan tokyo olimpiade tahun ini yang akan kembali ditunda atau tidak karena pandemi yang belum juga mereda.

Beberapa waktu lalu, Yoshiro Mori sempat melontarkan pernyataan yang membuat publik geram karena menyebutkan bahwa “wanita terlalu banyak bicara” yang tidak seharusnya dilontarkan pejabat tinggi.

Hal tersebut juga menuai kontroversi hingga Gubernur Tokyo Yuriko Koike juga turut membuka suara. Hal tersebut juga membuat mencuatnya petisi dari aktivis yang menginginkan Yoshiro Mori mundur dari jabatannya.

Pihak Staf dan panitia penyelenggara mengatakan bahwa mereka akan secepat mungkin mencari pengganti ketua olimpiade tersebut mengingat penyelenggaraan akan dimulai beberap bulan lagi.

Source : KN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here