Uniknya Jepang Pakai Hazard untuk Ungkapkan Terima Kasih di Jalan Raya

Di setiap negara mungkin memiliki khasnya tersendiri ketika mengendarai sebuah kendaraan di jalan raya.

Seperti di Indonesia, para pengemudi mobil biasanya mengungkapkan rasa terima kasih ketika diberi jalan oleh pengemudi lain dengan menggunakan bahasa tubuh yakni melambaikan 5 jari ke pengemudi yang telah memberinya jalan atau pun pengendara motor yang mengacungkan jempol ke pengendara lain untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Mungkin sedikit berbeda dengan di Jepang, pengemudi di sana mengungkapkan rasa terima kasih di jalan raya dengan menggunakan lampu hazard yang dinyalakan hingga berkedip 2x.

Di Jepang lampu hazard disebut dengan sankyu hazard (サンキューハザード) atau berarti lampu terima kasih.

Hal ini mungkin sedikit asing bagi pengemudi di Indonesia karena biasanya lampu hazard digunakan apabila ada sebuah ada sebuah keadaan darurat.

Namun kenyataannya, di Jepang ini sudah menjadi budaya para pengemudi di sana untuk mengungkapkan rasa terima kasih pada pengemudi lainnya.

Lampu hazard tersebut biasanya dinyalakan ketika menyalip atau pun meminta jalan di sebuah persimpangan dan situasi tertentu lainnya yang mengharuskan salah satu pengemudi mengalah.

Setelah itu, bagi pengemudi yang telah diberi jalan akan menyalakan lampu hazard tersebut hingga berkedip sebanyak 2x untuk mengucap terima kasih kepada pengemudi yang memberikan jalan.

Gimana guys? Jepang emang negara yang unik ya!