Universitas Jepang Akan Perketat Pemeriksaan Terkait Latar Belakang Siswa Internasional

Sejumlah Universitas di Jepang yang memiliki hubungan pertukaran pelajar dengan China akan mengetatkan pemeriksan latar belakang siswa internasional terutama yang mempelajari teknologi sipil militer.

Langkah ini dilakukan demi menjaga informasi sensitif agar tidak dibawa ke luar Jepang menyusul pidato PM Yoshihide Suga mengumukan rencana memperketat kontrol ekspor teknologi yang digunakan untuk kepentingan militer.

Siswa internasional nantinya diharuskan mendapat persetujuan kementerian perindustrian untuk melakukan penelitian.

Hasil survey dari 56 universitas yang memiliki perjanjian pertukaran pelajar dengan pemerintah China dikabarkan juga memiliki hubungan dekat dengan industri pertahanan di China.

Universitas tersebut mulai memeriksa latar belakang siswa internasional terkait mereka yag bersekolah dan tempat mereka bekerja. Selain itu beberapa data juga akan diminta seperti asal dana penelitian siswa atau pun pekerjaan yang berhubungan dengan militer.

Hingga Mei tahun lalu, sebanyak 280.000 siswa asing kini bersekolah di berbagai institusi pendidika di Jepang dan sebanyak 40%nya merupakan siswa asal China.

Source : JT