Usir Yakuza, Warga Kita-Kyushu Lakukan Gerakan Bersatu Ambil Kembali Jalanan Umum

Sekelompok orang yang mengaku dari warga Kita-kyushu melakukan aksi gerakan untuk mengusir kelompok Yakuza Kudo-kai yang terlibat bisnis gelap dan menguasai daerah pemukiman warga.

Wilayah tersebut dikuasai oleh kelompok Yakuza Kudo-kai yang disebut-sebut sebagai salah satu organisasi terkejam yang ada di Jepang.

Kelompok tersebut juga tercatat pernah melakukan aksi kriminal dengan melemparkan granat ke salah satu klub malam pada tahun 2003, hingga menyebabkan 12 orang staf menderita luka.

Kelompok mafia tersebut juga diketahui memiliki senjata api, senapan otomatis hingga roket peluncur.

Tak main-main, gerakan warga tersebut juga membawa beberapa pengacara sebagai bentuk dukungan penegak hukum terhadap hak warga di daerah tersebut.

Sejak 24 Agustus lalu, kepala tertinggi kelompok Kudo-kai yaki Satoru Nomura telah dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di distrik Fukuoka.

“Saya merasa lega mengetahui bahwa Nomura menerima hukuman itu. Tapi itu tidak berarti kelompok Kudo-kai tidak ada lagi. Kita tidak bisa berpuas diri dulu” ucap salah seorang pria yang tergabung dalam gerakan tersebut.

Warga ingin agar Yakuza tak lagi menjadi momok bagi warga dan sewenang-wenang dalam mengambil daerah kekuasaan atau pun wilayah sindikat bisnis ilegal yang juga sebenarnya merupakan hak dari warga sekitar.

Source : asahi