Waduh! Terkontaminasi Bahan Stainless Steel, Moderna Tarik Vaksin yang Telah Dikirim ke Jepang

Moderna Inc akan bekerja sama dengan otoritas Jepang terkait dengan vaksin yang terkontaminasi bahan nirkarat pada pengiriman kelompok 3.

Otoritas Jepang kini telah menangguhkan penggunaan vaksin sebanyak 1,63 juta dosis vaksin yang dikirim oleh Moderna setelah diberitahu adanya kontaminasi partikel baja nirkarat dalam botol vaksin tersebut.

Moderna menyebutkan bahwa kontaminasi tersebut kemungkinan terjadi saat proses produksi berlangsung sebelum didistribusikan ke Jepang.

Penyebabnya kemungkinan karena adanya gesekan antara kedua potongan logam pada mesin pembuatan vaksin dan tentu jika digunakan pada manusia akan menyebabkan resiko medis.

Moderna juga kini tengah menyelidiki dalam proses pembuatan vaksin bersama dengan mitranya perusahaan dari Spanyol akni Rovi yang mengoperasikan pabrik dimana penyebab kontaminasi vaksin tersebut terjadi.

Jepang sendiri kini menangguhkan vaksin dari dua kelompok lainnya yang didistribusikan oleh Moderna demi langkah antisipasi.

Rovi yang menjadi partner Moderna ini harus memeriksa seluruh fasilitas manufaktur secara menyeluruh serta menerapkan prosedur baru demi mencegah kejadian hal serupa.

Meski begitu, hingga kini otoritas Jepang dan Moderna mengklaim belum ada bukti kematian yang disebabkan vaksin meskipun vaksin tersebut setidaknya telah diberikan sebanyak lebih dari 500.000 orang.

Source : JT, reuters