Warga Ukraina dan Rusia di Jepang Gelar Aksi Protes Tolak Invasi Militer Rusia di Kantor Kedutaan

Warga negara Ukraina yang saat ini tengah tinggal di Jepang melakukan aksi bersama tentang kecemaasan di negara mereka usai adanya invasi militer dari perintah Presiden Vladimir Putin Rusia.

Beberapa warga Ukraina menggelar aksi protes di sekitaran persimpangan Shibuya Tokyo dengan seruan protes terhadap agresi militer Presiden Putin ke negaranya.

Tak hanya itu seorang warga Rusia yang tinggal di Jepang berusia 30an juga melakukan aksi protes di depan kantor kedutaan Rusia di Tokyo sambil membawa tulisan “hentikan perang di Ukraina”.

Berbagai seruan penentangan agresi militer yang dilakukan Presiden Putin pun disuarakan pada aksi tersebut.

Ketegangan antara Ukraina dan Rusia meningkat usai pasukan Rusia yang dikerahkan mendekati ibukota Kyiv dan melakukan serangan dan kini dikabarkan pasukan Rusia telah menduduki pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobyl.

Seruan dari berbagai warga Ukraina di Jepang mengatakan bahwa mereka sangat takut akan banyak warga sipil di negara mereka yang menjadi korban apalagi jika mereka turut mencoba melawan invasi militer Rusia.

Korennov, salah satu warga Ukraina yang tinggal di Tokyo begitu mengungkapkan kecemasan akan keselamatan keluarganya yang berada di Ukraina.

Menurut pada warga Ukraina, agresi Rusia tidak akan berhenti kecuali sanksi yang lebih tegas dari Amerika dan Sekutu Eropa dilakukan. Mereka berharap agar sanksi tegas benar-benar dilaksanakan demi mengehntikan agresi militer Rusia di negaranya.

Source : JT