Ya Ampun! Jepang Temukan Kondom yang Dijual pada 120 Tahun yang Lalu

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk membantu dalam berhubungan seksual untuk mengurangi resiko penyakit menular ataupun membantu menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Kondom sendiri sebenarnya telah ditemukan sekitar abad ke 15 di italia. Tujuannya saat itu adalah untuk mengurangi penyebaran penyakit kelamin syphilis.

Salah satu perusahaan penyedia obat-obatan dan perangkat medis terbesar Jepang yakni Morishita Jintan yang telah berdiri sejak zaman Meiji Jepang juga menjadi salah satu produsen kondom sejak ratusan tahun lalu.

Kabar mengejutkan datang dari warga pedesaan pemilik rumah Jepang klasik di Ishikawa yang teah menemukan produk kondom Morishita Jintan yang kurang lebih berusia 120 tahun yang lalu.

Bentuk kondom tersebut mungkin berbeda dengan yang dijual pasaran saat ini. Saat pergantian abad ke 20 di Jepang, terjadi sebuah wabah besar infeksi sifilis. Produk ini merupakan salah satu pencegahan agar infeksi menular tersebut tidak menyebar lebih luas lagi.

Meski belum pasti berapa usia penemuan kondom tersebut, namun brosur produk Morishita Jintan untuk pemasaran produk kondom tersebut ada pada tahun 1896 sehingga diperkirakan kondom tersebut dijual dii masa itu.

Kabarnya, perusahaan Morishita Jintan ingin mengabadikan penemuan produk kondom tersebut namun saat ini masih menjadi hak milik warga di Ishikawa yang telah menemukannya.

Source : SN24, NLD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here